MANAJEMEN PROYEK PERANGKAT LUNAK
APLIKASI SISTEM INFORMASI RESERVASI HOTEL SELARAS ASRI BERBASIS WEB
Disusun Oleh
Yohana Desy Permatasari 5113100038
Devira Wiena Pramintya 5113100045
Ni Luh Made Asri M. 5113100085
Kelas A
Dosen
Fajar Baskoro, S.Kom., M.T.
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI
INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER SURABAYA
SURABAYA
2016
KERANGKA ACUAN KERJA (KAK)
- LATAR BELAKANG
Hotel merupakan fasilitas yang sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat meliputi kebutuhan traveling antar kota dalam urusan bisnis maupun wisata. Hotel yang terletak di tengah kota dengan prospek yang menjanjikan tentunya memerlukan suatu system reservasi demi kelancaran pelayanan. Hotel dengan pelayanan yang memuaskan dan menyediakan fasilitas kamar dengan beberapa kelas, laundry, hingga restoran pasti akan banyak dikunjungi para tamu yang akan menginap. Mengingat banyaknya jumlah tamu yang berkunjung, maka masalah dalam pengelolaan informasi persediaan kamar, layanan kamar, laundry hingga restoran menjadi sangat penting. Oleh karena itu, perlu kiranya dibuat sebuah sistem informasi reservasi hotel sehingga pengelolaan informasi persediaan kamar, daftar harga kelas dan layanan kamar, pengelolaan daftar tamu, pencarian daftar tamu dan kamar, pengelolaan daftar tamu cheek-in dan cheek-out, pencetakan laporan harian, mingguan, bulanan dapat dilakukan secara cepat, mudah dan akurat.
- MAKSUD DAN TUJUAN
1) Menghasilkan perangkat lunak untuk aplikasi Sistem informasi reservasi hotel yang memiliki fitur-fitur standar seperti informasi data kamar dan kelas yang kosong dan terisi, data tamu, data transaksi cheek-in dan cheek-out, pembuatan laporan harian, mingguan, bulanan dan sebagainya, serta informasi data petugas hotel.
2) Membuat proses administrasi hotel menjadi teratur dan akurat serta informasi yang diperlukan dapat disajikan dengan cepat, tepat, akurat.
3) Sistem informasi ini dapat digunakan untuk membantu dalam mengetahui data kamar dan kelas yang kosong dan terisi, laporan kegiatan dan transaksi hotel harian, mingguan, bulanan, dan mendapatkan hasil laporan yang akurat dan benar .
4) Data record transaksi dapat tersimpan dengan aman.
5) Dapat meminimalisir bahkan menghilangkan kesalahan-kesalahan yang mungkin seperti yang terjadi jika menggunakan pencatatan secara manual.
6) Dapat mengetahui dengan cepat dan mudah kamar dan kelas yang paling laku sehingga dapat menambah service pelayanan kamar yang lebih memuaskan.
7) Mempermudah pencarian data transaksi cheek-in cheek-out dan data tamu yang berlangsung beberapa hari/minggu /bulan sebelumnya.
- SASARAN
Tersedianya sistem administrasi hotel yang baik dan akurat serta mempermudah kerja resepsionist dan admin dalam pencarian data kamar dan kelas serta data tamu. Dan pembuatan laporan harian, mingguan, dan bulanan sehingga mendapatkan efisiensi waktu dan keakuratan data.
- NAMA DAN ORGANISASI PENGGUNA JASA
Hotel Selaras Asri
Jalan Jendral Sudirman NO 12
Salatiga
Jawa Tengah
- SUMBER PENDANAAN
Anggaran dana untuk pembuatan Sistem Informasi Reservasi Hotel Selaras Asri sebesar Rp 76.829.500 (Tujuh puluh enam juta delapan ratus dua puluh sembilan ribu lima ratus rupiah) termasuk pajak – pajak yang membebani.
- LINGKUP, LOKASI, DATA DAN FASILITAS PENUNJANG SERTA ALIH PENGETAHUAN
- Lingkup Kegiatan
- Pengembangan modul – modul utama pada aplikasi Sistem Informasi Reservasi Hotel Selaras Asri berbasis web adalah :
- Modul pendaftaran akun untuk hak akses.
- Modul login dan logout untuk resepsionis dan admin.
- Modul kamar untuk informasi data kamar, kelas, dan harga.
- Modul tamu untuk informasi tamu atau pengunjung yang menginap di hotel.
- Modul transaksi untuk transaksi check-in dan check-out serta laporan harian, mingguan, dan bulanan.
- Modul data petugas untuk informasi data petugas di Hotel Selaras Asri.
- Modul reservasi untuk reservasi kamar, penggantian tanggal reservasi, dan pembatalan reservasi.
- Pengembangan basisdata pendukung aplikasi
- Pengembangan struktur database
- Pengembangan database relationship
iii. Menyusun dokumentasi lengkap
- User Requirement
- User Interface
- Migrasi data
- Testing (Case Test, Unit Test, Integration Test, Acceptance Test)
- Database Dictionary
- Database Security
- Form Input/Output
- Source Code yang mudah dipahami pengguna jasa
- User Manual
- Lokasi Kegiatan
Hotel Selaras Asri
Jalan Jendral Sudirman NO 12
Salatiga
Jawa Tengah
- Data dan Fasilitas Penunjang
- Penyediaan oleh pengguna jasa
Data dan fasilitas yang disediakan oleh pengguna jasa yang dapat digunakan dan harus dipelihara oleh penyedia jasa :
- Laporan dan Data
– Data permohonan aplikasi Sistem Informasi Reservasi Hotel Selaras Asri dalam bentuk kertas dan elektronik
– Data administrasi Hotel Selaras Asri
- Akomodasi dan Ruangan Kantor
– Ruangan server dan hotspot
- Staff Pengawas
– 2 (dua) orang admin yang bertugas memantau kegiatan penggunaan sistem.
- Penyediaan oleh penyedia jasa
Penyedia jasa harus menyediakan dan memelihara semua fasilitas dan peralatan yang dipergunakan untuk kelancaran pelaksanaan pekerjaan.
– Meja
– Personal Computer (PC) atau notebook
- Alih Pengetahuan
Penyedia jasa harus mengadakan pelatihan, kursus singkat, diskusi, dan miniworkshop terkait dengan subtansi pelaksaan pekerjaan.
- METODOLOGI
Metodologi dan pendekatan yang dipergunakan dalam pembuatan aplikasi Sistem Informasi Reservasi Hotel berbasis web adalah dengan memperhatikan kebutuhan dan kesesuaian dengan kondisi Hotel Selaras Asri dengan berbasis kepada better / best practice dari organisasi sejenis atau relevan.
- JANGKA WAKTU PELAKSANAAN
Jangka waktu pelaksanaan kegiatan ini adalah selama 100 hari.
- KUALIFIKASI
Kualifikasi yang diharuskan dipenuhi oleh Penyedia Jasa adalah:
1) Bersedia menandatangani Perjanjian Kerahasiaan Data dan Informasi sesuai dengan kebijakan Sistem Manajemen Keamanan Informasi (Information Security Management System) Hotel Selaras Asri.
2) Memiliki latar belakang dan pengalaman yang luas dalam bidang Perancangan dan Pembangunan Aplikasi dengan skala besar, terintegrasi dan mengintegrasikan aplikasi.
3)Setidaknya sudah pernah menjadi Penyedia Jasa dalam bidang Perancangan dan Pembangunan Aplikasi.
4) Memiliki pemikiran inovatif dan konstruktif dalam bidang Perancangan dan Pembangunan Aplikasi.
5) Memiliki kemampuan untuk menangani masalah dengan cepat dan tepat.
6) Memiliki production house / workshop dan tenaga-tenaga ahli yang permanen.
7) Memiliki metode yang baik dalam memberikan pelayanan kepada Pengguna
8) Sanggup untuk memberikan garansi atas berfungsinya barang/jasa secara sempurna selama satu tahun sejak serah terima.
9) Memiliki komitmen yang kuat untuk mau bekerjasama dengan Panitia Pengadaan, Tim Teknis, dan Tim IT dari Hotel Selaras Asri
10)Memiliki komitmen untuk mengamankan data dan informasi yang berkaitan dengan Hotel Selaras Asri.
11)Memiliki komitmen dan disiplin terhadap tanggung jawab dan jadwal pekerjaan.
- TENAGA AHLI
Tenaga ahli yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan ini adalah :
- Ketua Tim (Project Manager)
Ketua Tim disyaratkan seorang, minimal Sarjana Teknik Strata Satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang berpengalaman dalam pelaksanaaan pekerjaan di bidang project management pengembangan aplikasi sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun. Sebagai ketua tim, tugas utamanya adalah memimpin dan mengkoordinir seluruh kegiatan anggota tim kerja dalam pelaksanaan pekerjaan selama masa projek sampai dengan pekerjaan dinyatakan selesai.
Jumlah yang harus disediakan 1 (satu) orang.
- Sistem Analis
Sistem analis yang disyaratkan adalah minimal Sarjana Informatika/Ilmu Komputer Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang berpengalaman melaksanakan pekerjaan di bidang pengembangan perangkat lunak komputer berbasis web dan data base sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun.
Jumlah yang harus disediakan minimal 1 (satu) orang.
- Programmer/Developer
Programmer/Developer yang disyaratkan sekurang-kurangnya setara Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri dengan pengalaman sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun.
Jumlah yang harus disediakan minimal 1 (satu) orang.
- Trainers
Trainers yang disyaratkan sekurang-kurangnya setara Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri dengan pengalaman sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun.
Jumlah yang harus disediakan minimal 1 (satu) orang.
- KELUARAN
Keluaran yang dihasilkan dari pelaksanaan pekerjaan ini adalah :
- Perangkat lunak Sistem Informasi Reservasi Hotel Selaras Asri berbasis web yang dapat dioperasionalkan dan digunakan untuk menangani pengelolaan informasi persediaan kamar, daftar harga kelas dan layanan kamar, pengelolaan daftar tamu, pencarian daftar tamu dan kamar, pengelolaan daftar tamu cheek-in dan cheek-out, pembatalan reservasi, penggantian tanggal reservasi, pencetakan laporan harian, mingguan, bulanan, serta pengelolaan informasi daftar petugas hotel sehingga dapat meningkatkan kecepatan penanganan, efisiensi, dan menghasilkan output yang lebih baik dan berkualitas,
- Dokumentasi yang berkaitan dengan pengembangan aplikasi, antara lain dan tidak terbatas pada requirement, desain sistem, konfigurasi sistem dan arsitektur program,
- Program dengan source Code,
- Dokumentasi seluruh sistem dan perangkat lunak,
- Dokumentasi SOP (system operating procedure) maupun SMP (system maintenance procedure),
- Instalasi aplikasi dan migrasi data,
- Pelatihan, pendampingan/asistensi, garansi dan pemeliharaan.
- PELAPORAN
Jenis laporan yang harus diserahkan kepada pengguna jasa adalah:
- Laporan Pendahuluan, berisi :
1) Rencana kerja penyedia jasa secara menyeluruh;
2) Mobilisasi tenaga ahli dan tenaga pendukung lainnya;
3) Jadwal kegiatan penyedia jasa.
Laporan harus diserahkan selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari kalender sejak SPMK diterbitkan sebanyak 3 (tiga) buah laporan.
- Laporan Mingguan, berisi :
1) Aktifitas yang dilakukan oleh masing-masing anggota tim;
2) Hasil yang telah dicapai maupun (apabila ada) kendala – kendala yang dialami serta rencana penanganan kendala tersebut;
3) Persentase hasil pekerjaan terhadap milestone ataupun hasil akhir yang telah ditetapkan;
Laporan harus diserahkan selambat-lambatnya hari Senin setiap minggu sebanyak 1 (satu) buah laporan.
- Laporan Akhir, berisi :
1) Laporan pendahuluan;
2) Laporan Mingguan;
3) Dokumentasi lain yang berkaitan dengan kegiatan proyek ini
Laporan harus diserahkan selambat-lambatnya 90 (sembilan puluh) hari kalender sejak SPMK diterbitkan sebanyak 3 (tiga) buku laporan dan CD berisi seluruh laporan sebanyak 3 (tiga) buah.
Sumber :
Sistem Informasi Reservasi Hotel
http://catatanzarko.blogspot.co.id/2012/12/contoh-proposal-proyek-teknik.html
Project Charter Document
Project Name : Pembuatan Aplikasi Sistem Informasi Reservasi Hotel
Company : Hotel Selaras Asri
Focus Area : Website Design
Product/Process : Website
Project Time : 28 March 2016 till 19 August 2016
Cost Estimation : Rp 76.829.500,00
Prepared By
Document Owner(s) |
Project/Organization Role |
Devira Wiena Pramintya |
Project Manager |
Yohana Desy Permatasari
Ni Luh Made Asri Mulyasari |
Developer |
Recepsionist dan Admin Hotel Selaras Asri |
Stakeholder |
Project Charter Version Control
Version |
Date |
Author |
Change Description |
1.0 |
26 March 2016 |
Devira Wiena Pramintya,
Yohana Desy Permatasari,
Ni Luh Made Asri Mulyasari |
Document created |
- PROJECT CHARTER PURPOSE
Tujuan dari proyek ini adalah pembuatan sistem informasi reservasi hotel berbasis web untuk Hotel Selaras Asri Salatiga. Website ini dipergunakan untuk mempermudah resepsionist dan admin dalam pekerjaannya mengelola hotel. Website tersebut akan berisi tentang pengelolaan informasi persediaan kamar, daftar harga kelas dan layanan kamar, pengelolaan daftar tamu, pencarian daftar tamu dan kamar, pengelolaan daftar tamu cheek-in dan cheek-out, pembatalan reservasi, penggantian tanggal reservasi, dan pencetakan laporan harian, mingguan, bulanan, serta pengelolaan daftar petugas hotel.
- PROJECT EXECUTIVE SUMMARY
- Project goals
- Objectives
- Scope
- Assumptions
- Risks
- Costs
- Timeline
- Approach
- Organization
- PROJECT OVERVIEW
Pada zaman sekarang ini, hotel merupakan fasilitas yang sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat meliputi kebutuhan traveling antar kota dalam urusan bisnis maupun wisata. Hotel dengan pelayanan yang memuaskan dan menyediakan fasilitas kamar dengan beberapa kelas, laundry, hingga restoran pasti akan banyak dikunjungi para tamu yang akan menginap. Namun dalam perkembangannya, reservasi di Hotel Selaras Asri masih menggunakan sistem yang manual. Mengingat banyaknya jumlah tamu yang berkunjung, maka masalah dalam pengelolaan informasi persediaan kamar, layanan kamar, laundry hingga restoran menjadi sangat penting. Maka tujuan dari proyek ini adalah pembuatan sistem informasi reservasi hotel berbasis web yang dapat mempermudah melakukan pengelolaan hotel seperti pengelolaan informasi persediaan kamar, daftar harga kelas dan layanan kamar, pengelolaan daftar tamu, pencarian daftar tamu dan kamar, pengelolaan daftar tamu cheek-in dan cheek-out, pembatalan reservasi, penggantian tanggal reservasi, pencetakan laporan harian, mingguan, bulanan, serta pengelolaan daftar petugas hotel. Aplikasi Sistem Informasi Reservasi Hotel berbasis web ini menggunakan perangkat keras yang mendukung proses penerimaan pengolahan data seperti perangkat komputer dengan system operasi Windows 7 Ultimate, prosesor Intel Core Duo dan jaringan LAN yg menghubungkan antar computer recepsionist dengan admin. Aplikasi ini akan dibangun menggunakan database mySQL untuk penyimpanan data. Implementasi aplikasi website akan diletakkan pada server local guna stakeholder mendapatkan rasa aman karena informasi tidak akan menyebar keluar dan dapat disimpan maupun dirawat pihak dalam.
- PROJECT SCOPE
- Goals and Objectives
Goals |
Objectives |
Proyek akan menambahkan informasi data kamar dan kelas yang kosong dan terisi, data tamu, data transaksi cheek-in dan cheek-out, data petugas hotel, pembuatan laporan harian, mingguan, bulanan dan sebagainya. |
1. Melakukan interview kepada manager hotel
2. Melakukan interview kepada petugas hotel
3. Menambahkan fitur informasi data kamar dan kelas yang kosong dan terisi, data tamu, data transaksi, cheek-in dan cheek-out, data petugas hotel, pembuatan laporan harian mingguan, bulanan dan sebagainya |
Proyek akan mempermudah pencarian data transaksi cheek-in cheek-out dan data tamu yang berlangsung beberapa hari/minggu /bulan sebelumnya |
1. Menambahkan fitur pencarian data transaksi cheek-in cheek out dan data tamu yang berlangsung beberapa hari/minggu /bulan sebelumnya
|
- Departmental Statements of Work (SOW)
Departmental SOW |
Owner/Prime |
Due Date/Sequence |
Interview kebutuhan stakeholder |
Project Manager , Stakeholder |
Melakukakan wawancara untuk mendapatkan kebutuhan utama |
Fitur-fitur mengenai profilling yang akan dibuat |
Developer , Stakeholder |
Developer dan stakeholder mendiskusikan dan membuat requirement fitur-fitur apa yang diperlukan |
Melakukan desain interface sesuai dengan kebutuhan |
Sistem Analyst, Stakeholder |
Sistem Analyst dan Stakeholder bersama-sama mendisikusikan desain yang sesuai dengan kebutuhan stakeholder namun tidak dapat keluar dari ruang lingkup yang terlah di sepakati. |
Deskripsi hasil kerja (spesifikasi kebutuhan, source code, test plan) |
Stakeholder, Tim proyek |
Pada tim proyek harus dapat mendiskripsikan dan mendiskusikan kepada stakeholders mengenai asumsi projek yang dibuat |
Estimasi usaha setiap work product tersebut |
Project Manager |
Project manager memilih seorang moderator dan tim estimasi yang terdiri atas 3 hingga 7 orang. Jika tim yang telah dipilih merasa bahwa dokumen vision dan scope kurang memberikan informasi, maka project manager harus memperbaiki dokumen tersebut |
Testing aplikasi |
Trainer, Stakeholder |
Trainer dan stakeholder sama-sama melakukan uji coba terhadap aplikasi yang telah dibuat |
Implementasi aplikasi web |
Tim Proyek |
Tim melakukan implementasi aplikasi web. |
- Project Deliverables
Milestone |
Deliverable |
1. Melakukan wawancara atau interview kepada stakeholder utama untuk mendapatkan kebutuhan proyek yang sesuai |
● Mendapatkan data dan informasi mengenai proyek
● Mendapatkan kebutuhan utama stakeholder
● Mendapatkan data struktur organisasi Hotel Selaras Asri
● Mendapatkan data kamar, fasilitas, dan harga Hotel Selaras Asri
● Informasi terkait proses bisnis dengan wawancara
● Menentukan batasan proyek
● Menentukan estimasi kebutuhan dana awal
● Dokumentasi pertemuan
● Dokumen kebutuhan proyek
|
2. Melakukan analisis kebutuhan dari hasil wawancara |
● Mendapatkan kebutuhan utama dan pendukung untuk proyek
● Dokumen kebutuhan proyek
● Evaluasi ulang dengan stakeholder
● Dokumen revisi kebutuhan yang sesuai dengan stakeholder |
3. Pembuatan Sistem (prototyping) |
● Mendapatkan hasil website sementara (prototype)
● Layanan website sudah bekerja 80 persen |
4.Melakukan evaluasi Prototype kepada stakeholder |
● Feedback dari stakeholder
● Dokumen perubahan |
5. Implementasi Sistem |
● Hasil desain website telah selesai dan tetap merujuk pada dokumen kebutuhan |
6. Melakukan konfirmasi hasil akhir implementasi kepada stakeholder |
● Mendapatkan feedback dari stakeholder
● Informasi tentang kebutuhan minor
● Dokument perubahan yang sesuai dengan stakeholder |
7. Melakukan testing |
● Skenario pengujian |
8. Pembuatan support (dokumen SOP, SMP, dan sosialisasi tentang penggunaan sistem) |
● Dokumen SOP (System Operating Procedure)
● Dokumen SMP (System Maintenance Procedure)
● Sistem dapat berjalan dengan baik dan implementasikan |
- Deliverables Out of Scope
Hal yang tidak termasuk dalam project ini adalah booking langsung dari tamu hotel karena project ini berfokus pada aplikasi yang mempermudah pengelolaan hotel hanya untuk resepsionist dan admin. Sistem informasi yang akan dibangun ini hanya tentangpengelolaan informasi persediaan kamar, daftar harga kelas dan layanan kamar, pengelolaan daftar tamu, pencarian daftar tamu dan kamar, pengelolaan daftar tamu cheek-in dan cheek-out, pembatalan reservasi, penggantian tanggal reservasi, dan pencetakan laporan harian, mingguan, bulanan, serta pengelolaan daftar petugas hotel. Selain itu, semua data disimpan pada sebuah server.
- Project Estimated Costs & Duration
Project Milestone |
Date Estimate |
Deliverable(s) Included |
Confidence Level |
Melakukan wawancara atau interview kepada stakeholder utama untuk mendapatkan kebutuhan proyek yang sesuai |
28/03/2016 |
● Informasi mengenai Hotel Selaras Asri
● Informasi stakeholder yang terlibat
● Informasi proses bisnis yang ada
● Informasi struktur organisasi
● Batasan proyek
● Estimasi kebutuhan dana awal
● Dokumentasi pertemuan
● Dokumen Kebutuhan |
High |
Analisis kebutuhan dari hasil wawancara |
04/04/2016 |
● Mendapatkan kebutuhan utama
● Dokumen kebutuhan (final) |
High |
Pembuatan Sistem (prototyping) |
11/04/2016 |
● Prototype |
High |
Evaluasi Prototype kepada stakeholder |
02/05/2016 |
● Feedback mengenai prototype
● Dokumen perubahan |
Medium |
Implementasi Sistem |
04/05/2016 |
● Hasil desain website telah selesai |
Medium |
Konfirmasi hasil akhir implementasi kepada stakeholder |
12/07/2016 |
● Feedback dari stakeholder
● Dokument perubahan yang sesuai dengan stakeholder |
High |
Testing |
26/07/2016 |
● Skenario Pengujian |
High |
Support |
12/08/2016 |
● Dokumen SOP (System Operating Procedure)
● Dokumen SMP (System Maintenance Procedure) |
High |
- PROJECT CONDITIONS
- Project Assumptions
- Proyek ini diasumsikan suatu proyek yang bertujuan untuk membuat dan mengembangkan Sistem Informasi berbasis web pada Hotel Selaras Asri.
- Proyek ini diasumsikan dapat membantu recepsionist dan admin dalam pengelolaan Hotel sehingga lebih mudah, cepat dan akurat.
- Proyek ini diasumsikan suatu website mengenai Sistem Informasi Reservasi Hotel yang selalu diperbaharui informasinya agar dapat memberikan informasi yang aktual bagi penggunanya.
- Project Issues
Priority Criteria
1−High-priority/critical-path issue; requires immediate follow-up and resolution.
2 −Medium-priority issue; requires follow-up before completion of next project milestone.
3 −Low-priority issue; to be resolved prior to project completion.
4−Closed issue.
# |
Issue |
Priority |
Owner |
Description |
Status & Resolution |
1 |
Anggota tim mendapatkan musibah |
Low |
Project Manager |
Kemungkinana terjadi hal yang tidak diharapkan yang menimpa anggota tim |
Mempunyai anggota cadangan yang siap dipekerjakan sesuai dengan keahlian yang dibutuhkan |
2 |
Listrik mati pada saat pengembangan aplikasi web |
High |
Developer, Sistem Analyst |
Kemungkinan terjadi mati listrik pada saat pengembangan proyek. |
Menyiapkan aliran listrik cadangan menggunakan genset, atau UPS untuk keadaan mendesak. |
3 |
Data Hilang |
High |
Tim Proyek |
Dimungkinkan sekali data dapat hilang begitu saja karena ancaman virus dan bencana yang tidak terduga |
Melakukan backup secara berkala pada media penyimpanan yang terpisah dengan komputer untuk mengembangan. Menggunakan tools pendukung keamaan komputer pengembangan seperti antivirus. |
- Project Risks
# |
Risk Area |
Likelihood |
RiskOwner |
Project Impact-Mitigation Plan |
1 |
Dokumentasi yang tidak mendetail |
High |
Project Team |
Melakukan validasi dengan inspeksi. |
2 |
Server tidak kuat menangani banyak pengguna |
Medium |
Project Team |
Melakukan proses dengan beberapa server replikasi sehingga operasi tidak dilakukan oleh satu server saja. |
3 |
Waktu pengerjaan yang lebih lama dibandingkan dengan rencana pengerjaan |
High |
Project Manajer |
Memastikan milestone dilaksanakan sesuai dengan jadwalnya, jika tidak maka setiap stakeholder yang terkait harus menerima risiko agar bisa mengembalikan sesuai jadwal, seperti lembur. |
4 |
Desain UI yang kurang user-friendly |
High |
Stakeholder |
Melakukan teknik validasi UI dengan prototyping, bekerja sama dengan pengguna sebagai tester. |
5 |
Server rusak |
Medium |
Project Manager |
Back up data dari satu server ke server lain yang merupakan replikasi server utama. |
6 |
Developer sakit pada saat pengerjaan proyek |
Medium |
Project Team |
Mengatur waktu kerja seefektif mungkin untuk menghindari kerja lembur atau kerja berlebihan |
- Project Constraints
- Batasan proyek yang dikerjakan adalah sebagai berikut:
- Proyek hanya melakukan pengembangan terhadap sistem infomasi reservasi.
- Fitur yang akan diterapkan proyek adalah sesuai dengan permintaan stakeholder dan telah disepakati sebelumnya.
- Proyek berjalan sesuai dengan anggaran yang telah disediakan dan sesuai dengan dokumen kebutuhan yang telah disepakati. Bila ada kebutuhan yang ingin diimplementasikan namun belum tercantum dallam dokumen kebutuhan, maka akan ditunda dan dilanjutkan pada proyek selanjutnya.
- Tingkat sekuritas web sesuai dengan permintaan stakeholder
- Aplikasi web yang dikembangkan dibuat khusus untuk Hotel Selaras Asri.
- Project Structure Approach
Pendekatan yang dilakukan dalam pembuatan proyek ini adalah dengan melakukan interview se intensif mungkin dengan pihak stakeholder. Interview merupakan metode yang mudah dilakukan karena dengan cara interview sudah bisa mendapatkan cukup informasi yang dibutuhkan. Informasi tersebut kemudian diolah menjadi sebuah dokumen kebutuhan sebagai sarana pengembangan proyek sistem informasi reservasi.
- Project Team Organization Plans
Project Team Role |
Project Team Member(s) |
Responsibilities |
Project Manager |
Devira |
• Melakukan interview terhadap stakeholder proyek
• Melukan pembagian tugas
• Control Project Team
• Bertanggung jawab atas berjalannya proyek
• Finnancial |
Developer |
Yohana |
• Melakukan pengembangan website |
Sistem Analyst |
Asri |
• Melakukan analisa terhadap rancangan website dan kemudian mendesain interface website |
Dokumentator |
Asri, Devira |
• Dokumentasi pengerjaan proyek
• Dokumentasi pengembangan website |
Trainer |
Yohana, Asri |
• Melakukan pengujian terhadap fitur-fitur website
• Memberikan feedback
· Melakukan pelatihan sistem ke stakeholder |
- APPROVALS
Prepared by
Approved by
MANAJEMEN BIAYA
Teknik yang digunakan dalam manajemen biaya proyek Sistem Informasi Hotel Selaras Asri ini adalah dengan Analogous Estimates (Top Down Estimates).
Rencana Biaya Proyek
Berikut adalah detail perencanaan biaya dari proyek Sistem Informasi Hotel Selaras Asri
Daftar Aktivitas yang Harus Dilakukan Pada Proyek Ini |
Work (Hari) |
Biaya personal |
Jumlah Personal |
Upah |
Biaya bahan |
Biaya perjalananan |
Biaya lain-lain |
Total biaya kegiatan |
Sistem Informasi Hotel Selaras Asri |
100 |
|
|
|
|
|
|
|
Konsep |
11 |
|
|
|
|
|
|
|
Mendefinisikan Kebutuhan |
6 |
|
|
|
|
|
|
|
Menghubugi Stakeholder dan membuat perjanjian waktu untuk bertemu |
1 |
120000 |
1 |
120000 |
0 |
0 |
0 |
120.000 |
Melakukan wawancara kepada stakeholder terkait kebutuhan apa saja yang ada pada sistem |
1 |
100.000 |
2 |
200000 |
30.000 |
400.000 |
500000 |
1.130.000 |
Menggali informasi proses bisnis pada pada Hotel Selaras Asri |
2 |
100000 |
2 |
200000 |
50000 |
0 |
500000 |
1500000 |
Mendefinisikan kebutuhan pengguna |
1 |
100000 |
2 |
200000 |
30000 |
0 |
0 |
230000 |
Mendefinisikan kebutuhan sistem |
1 |
100000 |
2 |
200000 |
30000 |
0 |
0 |
230000 |
Analisis Kebutuhan |
5 |
|
|
|
|
|
|
|
Memilih kebutuhan apa saja yang akan ada pada Sistem Informasi Hotel Selaras Asri |
1 |
90000 |
4 |
360000 |
20000 |
0 |
0 |
380000 |
Mengkonfirmasi ulang kebutuhan yang sudah dianalisis kepada stakeholder |
2 |
90000 |
4 |
360000 |
0 |
800000 |
800000 |
3120000 |
Membuat dokumen kebutuhan yang berisi segala hasil tahapan penggalian kebutuhan dan kebutuhan final |
2 |
90000 |
4 |
360000 |
100000 |
0 |
0 |
920000 |
Pembuatan Prototype |
17 |
|
|
|
|
|
|
|
Desain Sistem dan Jalannya Sistem |
15 |
|
|
|
|
|
|
|
Membuat prototype sistem informasi Hotel |
15 |
90000 |
4 |
360.000 |
|
0 |
0 |
5400000 |
Evaluasi Prototype Kepada Stakeholder |
2 |
|
|
|
|
|
|
|
Menunjukkan hasil prototype kepada stakeholder |
1 |
90000 |
4 |
360.000 |
0 |
800000 |
800000 |
1.960.000 |
Mencatat hasil evaluasi prototype dari stakeholder |
1 |
90000 |
4 |
360000 |
20000 |
0 |
0 |
380000 |
Implementasi Sistem |
45 |
|
|
|
|
|
|
|
Implementasi sistem dari hasil prototype yang disetujui stakeholder |
25 |
90000 |
4 |
360000 |
0 |
0 |
0 |
9000000 |
Implementasi interface dari hasil prototype yang disetujui stakeholder |
12 |
90000 |
4 |
360000 |
0 |
|
|
4320000 |
Penggabungan sistem dan interface |
5 |
90000 |
4 |
360000 |
0 |
|
0 |
1.800.000 |
Uji coba aplikasi oleh developer dan stakeholder |
3 |
90000 |
4 |
360000 |
|
800000 |
1800000 |
7280000 |
Konfirmasi Akhir Hasil Implementasi |
9 |
|
|
|
|
|
|
|
Evaluasi kepada stakeholder |
2 |
90000 |
4 |
360000 |
30000 |
400000 |
800000 |
3180000 |
Melakukan perubahan apabila ada kesalahan yang telah disepakati antara developer dan stakeholder sebelumnya |
7 |
90000 |
4 |
360000 |
|
|
500000 |
6020000 |
Testing |
13 |
|
|
|
|
|
|
|
Pembuatan skenario pengujian |
1 |
90000 |
4 |
360000 |
20000 |
0 |
0 |
380000 |
Melakukan testing oleh stakeholder sesuai dengan skenario pengujian |
2 |
90000 |
4 |
360000 |
50000 |
400000 |
1800000 |
5220000 |
Melakukan perbaikan bila terjadi gangguan |
10 |
90000 |
4 |
360000 |
|
|
500000 |
8600000 |
Support |
5 |
|
|
|
|
|
|
|
Pembuat dokumen SOP (System Operating Procedure) Sistem Informasi yang sudah final |
2 |
90000 |
4 |
360000 |
300000 |
|
|
1020000 |
Pembuat dokumen SMP (System Maintenance Procedure) Sistem Informasi yang sudah final |
2 |
90000 |
4 |
360000 |
300000 |
|
|
1020000 |
Pelatihan / sosialisasi tentang penggunaan sistem pada stakeholder |
1 |
90000 |
4 |
360000 |
|
800000 |
2000000 |
3160000 |
Reserves |
|
|
|
|
|
|
|
|
Biaya cadangan tak terduga |
|
|
|
|
|
|
6984500 |
6984500 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
TOTAL |
|
|
|
|
|
|
|
73.354.500 |
Kurva S Aktivitas berdasarkan Bobot Keuangan
No |
Pekerjaan |
Harga Pekerjaan |
Durasi (hari) |
Bobot (%) |
Bulan |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
|
Sistem Informasi Hotel Selaras Asri |
|
|
|
|
|
|
|
|
1 |
Mendefinisikan Kebutuhan |
Rp3.210.000,00 |
6 |
4,2% |
4,20% |
|
|
|
|
2 |
Analisis Kebutuhan |
Rp4.420.000,00 |
5 |
5,75% |
5,57% |
|
|
|
|
3 |
Pembuatan Prototype |
Rp7.740.000,00 |
17 |
10,07% |
10,07% |
|
|
|
|
4 |
Implementasi Sistem |
Rp22.400.000,00 |
45 |
30,54% |
|
10,18% |
11,23% |
11,23% |
|
5 |
Konfirmasi Akhir Hasil Implementasi |
Rp9.200.000,00 |
9 |
11,97% |
|
|
|
11,97% |
|
6 |
Testing |
Rp14.200.000,00 |
13 |
18,48% |
|
|
|
18,48% |
|
7 |
Support |
Rp5.200.000,00 |
5 |
6,77% |
|
|
|
|
6,77% |
8 |
Biaya cadangan tak terduga |
Rp6.984.500,00 |
|
9,09% |
|
|
|
|
9,09% |
Jumlah |
Rp73.354.500,00 |
|
100,0% |
19,84% |
10,18% |
11,23% |
41,68% |
15,86% |
Jumlah Akumulatif |
19,84% |
30,02% |
41,25% |
83,93% |
98,79% |
Kurva S Aktivitas berdasarkan Progress Output Pekerjaan Proyek
No |
Pekerjaan |
Harga Pekerjaan |
Durasi (hari) |
Bobot (%) |
Bulan |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
|
Sistem Informasi Hotel Selaras Asri |
|
|
|
|
|
|
|
|
1 |
Mendefinisikan Kebutuhan |
Rp3.210.000,00 |
6 |
19,1% |
19,15% |
|
|
|
|
2 |
Analisis Kebutuhan |
Rp4.420.000,00 |
5 |
8,51% |
8,51% |
|
|
|
|
3 |
Pembuatan Prototype |
Rp7.740.000,00 |
17 |
23,40% |
11,70% |
11,70% |
|
|
|
4 |
Implementasi Sistem |
Rp22.400.000,00 |
45 |
25,53% |
|
8,51% |
8,51% |
8,51% |
|
5 |
Konfirmasi Akhir Hasil Implementasi |
Rp9.200.000,00 |
9 |
8,51% |
|
|
|
8,51% |
|
6 |
Testing |
Rp14.200.000,00 |
13 |
8,51% |
|
|
|
8,51% |
|
7 |
Support |
Rp5.200.000,00 |
5 |
6,38% |
|
|
|
|
6,38% |
8 |
Biaya cadangan tak terduga |
Rp6.984.500,00 |
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah |
Rp73.354.500,00 |
|
|
39,36% |
20,21% |
8,51% |
25,53% |
6,38% |
Jumlah Akumulatif |
39,36% |
59,57% |
68,08% |
93,61% |
99,99% |
Rincian Pekerjaan |
Sub Total |
Mendefinisikan Kebutuhan |
9 |
Mendapatkan data dan informasi mengenai proyek |
|
Mendapatkan kebutuhan utama stakeholder melalui wawancara |
|
Mendapatkan data struktur organisasi Hotel Selaras Asri |
|
Mendapatkan data kamar, fasilitas, dan harga Hotel Selaras Asri |
|
Menggali informasi terkait proses bisnis dengan wawancara |
|
Menentukan batasan proyek |
|
Menetukan estimasi dana awal |
|
Menghasilkan dokumentasi pertemuan |
|
Menghasilkan dokumentasi kebutuhan proyek |
|
Analisis Kebutuhan |
4 |
Menganalisis kebutuhan pengguna |
|
Membuat dokumen kebutuhan |
|
Konfirmasi kebutuhan yang telah dibuat kepada stakeholder |
|
Merevisi dokumen kebutuhan yang sesuai stakeholder |
|
Pembuatan Prototype |
11 |
Membuat template sistem informasi |
|
Membuat design halaman awal |
|
Membuat design halaman reservasi kamar |
|
Membuat design halaman transaksi |
|
Membuat design halaman data petugas |
|
Membuat design halaman ganti tanggal reservasi |
|
Membuat design halaman pembatalan reservasi |
|
Membuat design halaman login petugas dan admin |
|
Mempresentasikan prototype ke stakeholder |
|
Menganalisis feedback dari stakeholder |
|
Membuat dokumen perubahan |
|
Implementasi Sistem |
12 |
Menetukan tools dan framework yang digunakan |
|
Implementasi fitur pada halaman awal |
|
Implementasi fitur halaman reservasi kamar |
|
Implementasi fitur halaman transaksi |
|
Implementasi fitur halaman data petugas |
|
Implementasi fitur halaman ganti tanggal reservasi |
|
Implementasi fitur halaman pembatalan reservasi |
|
Implementasi fitur halaman login petugas dan admin |
|
Implementasi menyesuaikan dengan dokumen perubahan terakir |
|
Pemasagan pada hadware |
|
Instalasi software |
|
Deploy sistem |
|
Konfirmasi Akhir Hasil Implementasi |
4 |
Mempresentasikan hasil implementasi ke stakeholder |
|
Menganalisis feedback dari stakeholder |
|
Membuat dokumen perubahan |
|
Melakukan perubahan sesuai dokumen perubahan terakhir |
|
Testing |
4 |
Membuat skenario pengujian |
|
Persiapan aplikasi jadi untuk disesuaikan dengan skenario pengujian |
|
Melakukan testing berdasarkan scenario |
|
Melakukan perbaikan jika terdapat gangguan |
|
Support |
3 |
Membuat dokumen SOP (System Operating Procedure) Sistem Informasi yang sudah final |
|
Membuat dokumen SMP (System Maintenance Procedure) Sistem Informasi yang sudah final |
|
Pelatihan/sosialisasi tentang penggunaan sistem kepada stakeholder |
|
Total |
47 |
MANAJEMEN WAKTU
Teknik Pengembangan yang dipilih : Teknik Prototyping
Cara Kerja : Developer melakukan analisa terhadap kebutuhan kepada stakeholder lalu developer melakukan pembuatan desain secara global untuk dibuatkan prototype termasuk pengujian oleh tester dan penyempurnaan setelah itu ditunjukan kepada stakeholder dan dilakukan evaluasi apabila stakeholder sudah setuju dengan prototype yang ditunjukan maka developer melakukan implementasi, instalasi dan training user.
Catatan : Untuk mengerjakan Proyek Pembangunan Sistem Informasi Hotel Selaras Asri ini diperlukan waktu 100 hari kerja. Total waktu yang disediakan untuk melakukan pembangunan proyek ini, dari mulai pembukaan proyek sampai dengan penutupan proyek adalah 100 hari kerja.
- Definisi Aktifitas
Mindmap WBS :
Maka dari mindmap di atas dapat didaftar aktivitas yang harus dilakukan diantaranya:
Daftar Aktivitas yang Harus Dilakukan Pada Proyek Ini |
Menghubungi stakeholder dan membuat perjanjian untuk bertemu |
Melakukan wawancara kepada stakeholder terkait kebutuhan apa saja yang ada pada sistem |
Menggali informasi proses bisnis pada Hotel Selaras Asri |
Mendefinisikan kebutuhan pengguna |
Mendefinisikan kebutuhan sistem |
Memilih kebutuhan apa saja yang akan ada pada sistem informasi Hotel Selaras Asri |
Mengkonfirmasi ulang kebutuhan yang sudah dianalisis kepada stakeholder |
Membuat dokumen kebutuhan yang berisi segala hasil tahapan penggalian kebutuhan dan kebutuhan final |
Membuat prototype sistem informasi Hotel |
Menunjukkan hasil prototype kepada stakeholder |
Mencatat hasil evaluasi prototype dari stakeholder |
Implementasi sistem dari hasil prototype yang disetujui stakeholder |
Implementasi interface dari hasil prototype yang disetujui stakeholder |
Evaluasi kepada stakeholder |
Melakukan perubahan apabila ada kesalahan yang telah disepakati antara developer dan stakeholder sebelumnya |
Mendeploy sistem informasi Hotel Selaras Asri |
Pembuatan skenario pengujian |
Melakukan testing oleh stakeholder sesuai dengan skenario pengujian |
Melakukan perbaikan jika terjadi gangguan |
Pembuat dokumen SOP (System Operating Procedure) Sistem Informasi yang sudah final |
Pembuat dokumen SMP (System Maintenance Procedure) Sistem Informasi yang sudah final |
Pelatihan / sosialisasi tentang penggunaan sistem pada stakeholder |
|
- Pengurutan Aktivitas
Segala aktivitas yang telah didaftar pada poin 1, kemudian disusun secara sekuensial dari awal dan mengelompokkan tiap-tiap aktivitas menjadi Tahap dan Milestones.
Keterangan: kalimat cetak tebal adalah nama proyek, tahap, dan sub tahap tergantung dengan indentasi. Sementara kalimat cetak normal adalah milestones dari setiap tahap.
Daftar Aktivitas yang Harus Dilakukan Pada Proyek Ini |
Sistem Informasi Hotel Selaras Asri |
Konsep |
Mendefinisikan Kebutuhan |
Menghubugi Stakeholder dan membuat perjanjian waktu untuk bertemu |
Melakukan wawancara kepada stakeholder terkait kebutuhan apa saja yang ada pada sistem |
Menggali informasi proses bisnis pada Hotel Selaras Asri |
Mendefinisikan kebutuhan pengguna |
Mendefinisikan kebutuhan sistem |
Analisis Kebutuhan |
Memilih kebutuhan apa saja yang akan ada pada Sistem Informasi Hotel Selaras Asri |
Mengkonfirmasi ulang kebutuhan yang sudah dianalisis kepada stakeholder |
Membuat dokumen kebutuhan yang berisi segala hasil tahapan penggalian kebutuhan dan kebutuhan final |
Pembuatan Prototype |
Desain Sistem dan Jalannya Sistem |
Membuat prototype sistem informasi Hotel |
Evaluasi Prototype Kepada Stakeholder |
Menunjukkan hasil prototype kepada stakeholder |
Mencatat hasil evaluasi prototype dari stakeholder |
Implementasi Sistem |
Implementasi sistem dari hasil prototype yang disetujui stakeholder |
Implementasi interface dari hasil prototype yang disetujui stakeholder |
Penggabungan sistem dan interface |
Uji coba aplikasi oleh developer dan stakeholder |
Konfirmasi Akhir Hasil Implementasi |
Evaluasi kepada stakeholder |
Melakukan perubahan apabila ada kesalahan yang telah disepakati antara developer dan stakeholder sebelumnya |
Testing |
Pembuatan skenario pengujian |
Melakukan testing oleh stakeholder sesuai dengan skenario pengujian |
Melakukan perbaikan bila terjadi gangguan |
Support |
Pembuat dokumen SOP (System Operating Procedure) Sistem Informasi yang sudah final |
Pembuat dokumen SMP (System Maintenance Procedure) Sistem Informasi yang sudah final |
Pelatihan / sosialisasi tentang penggunaan sistem pada stakeholder |
- Estimasi Sumbar Daya Aktivitas (sesuai dengan Project Charter)
Bahan
- Dokumen SKPL
- Dokumen DPPL
- Tenaga Kerja
- Project Manager
- Web Developer
- Web Designer
- Database Developer
- Dokumentator
- Tester
- Stakeholder
- Alat
- Hardware
- PC/ Laptop
- Server
- Software
- Sublime Text Editor
- Brackets
- phpMyAdmin Database
- Xampp
- Office
Detail tanggung jawab untuk setiap kegiatan dapat dilihat pada tabel berikut:
Kegiatan |
Pemilik |
Due Date / Sequence |
Interview kebutuhan stakeholder |
Project Manager , Stakeholder |
Melakukakan wawancara untuk mendapatkan kebutuhan utama |
Fitur-fitur mengenai profilling yang akan dibuat |
Developer , Stakeholder |
Developer dan stakeholder mendiskusikan dan membuat requirement fitur-fitur apa yang diperlukan |
Melakukan desain interface sesuai dengan kebutuhan |
Sistem Analyst, Stakeholder |
Sistem Analyst dan Stakeholder bersama-sama mendisikusikan desain yang sesuai dengan kebutuhan stakeholder namun tidak dapat keluar dari ruang lingkup yang terlah di sepakati. |
Deskripsi hasil kerja (spesifikasi kebutuhan, source code, test plan) |
Stakeholder, Tim proyek |
Pada tim proyek harus dapat mendiskripsikan dan mendiskusikan kepada stakeholders mengenai asumsi projek yang dibuat |
Estimasi usaha setiap work product tersebut |
Project Manager |
Project manager memilih seorang moderator dan tim estimasi yang terdiri atas 3 hingga 7 orang. Jika tim yang telah dipilih merasa bahwa dokumen vision dan scope kurang memberikan informasi, maka project manager harus memperbaiki dokumen tersebut |
Testing aplikasi |
Trainer, Stakeholder |
Trainer dan stakeholder sama-sama melakukan uji coba terhadap aplikasi yang telah dibuat |
- Estimasi Durasi Aktivitas
Durasi setiap aktivitas diestimasi berdasarkan kesulitannya dan kerumitan antar yang bertanggung jawab. Aktivitas yang hanya dipegang oleh satu pihak tentu lebih cepat daripada aktivitas yang berhubungan dengan berbagai pihak.
Daftar Aktivitas yang Harus Dilakukan Pada Proyek Ini |
Durasi (Hari Kerja) |
Sistem Informasi Hotel Selaras Asri |
100 |
Konsep |
11 |
Mendefinisikan Kebutuhan |
6 |
Menghubugi Stakeholder dan membuat perjanjian waktu untuk bertemu |
1 |
Melakukan wawancara kepada stakeholder terkait kebutuhan apa saja yang ada pada sistem |
1 |
Menggali informasi proses bisnis pada pada Hotel Selaras Asri |
2 |
Mendefinisikan kebutuhan pengguna |
1 |
Mendefinisikan kebutuhan sistem |
1 |
Analisis Kebutuhan |
5 |
Memilih kebutuhan apa saja yang akan ada pada Sistem Informasi Hotel Selaras Asri |
1 |
Mengkonfirmasi ulang kebutuhan yang sudah dianalisis kepada stakeholder |
2 |
Membuat dokumen kebutuhan yang berisi segala hasil tahapan penggalian kebutuhan dan kebutuhan final |
2 |
Pembuatan Prototype |
15 |
Desain Sistem dan Jalannya Sistem |
15 |
Membuat prototype sistem informasi Hotel |
15 |
Evaluasi Prototype Kepada Stakeholder |
2 |
Menunjukkan hasil prototype kepada stakeholder |
1 |
Mencatat hasil evaluasi prototype dari stakeholder |
1 |
Implementasi Sistem |
45 |
Implementasi sistem dari hasil prototype yang disetujui stakeholder |
25 |
Implementasi interface dari hasil prototype yang disetujui stakeholder |
12 |
Penggabungan sistem dan interface |
5 |
Uji coba aplikasi oleh developer dan stakeholder |
3 |
Konfirmasi Akhir Hasil Implementasi |
9 |
Evaluasi kepada stakeholder |
2 |
Melakukan perubahan apabila ada kesalahan yang telah disepakati antara developer dan stakeholder sebelumnya |
7 |
Testing |
13 |
Pembuatan skenario pengujian |
1 |
Melakukan testing oleh stakeholder sesuai dengan skenario pengujian |
2 |
Melakukan perbaikan bila terjadi gangguan |
10 |
Support |
5 |
Pembuat dokumen SOP (System Operating Procedure) Sistem Informasi yang sudah final |
2 |
Pembuat dokumen SMP (System Maintenance Procedure) Sistem Informasi yang sudah final |
2 |
Pelatihan / sosialisasi tentang penggunaan sistem pada stakeholder |
1 |
- Pengembangan Jadwal
No. |
Daftar Aktivitas yang Harus Dilakukan Pada Proyek Ini |
Durasi (Hari Kerja) |
Mulai |
Selesai |
Predecessors |
1 |
Sistem Informasi Hotel Selaras Asri |
100 |
03/28/16 |
08/19/16 |
|
2 |
Konsep |
11 |
03/28/16 |
04/11/16 |
|
2.1 |
Mendefinisikan Kebutuhan |
6 |
03/28/16 |
04/04/16 |
|
2.1.1 |
Menghubugi Stakeholder dan membuat perjanjian waktu untuk bertemu |
1 |
03/28/16 |
03/28/16 |
|
2.1.2 |
Melakukan wawancara kepada stakeholder terkait kebutuhan apa saja yang ada pada sistem |
1 |
03/29/16 |
03/29/16 |
|
2.1.3 |
Menggali informasi proses bisnis pada pada Hotel Selaras Asri |
2 |
03/30/16 |
03/31/16 |
|
2.1.4 |
Mendefinisikan kebutuhan pengguna |
1 |
04/01/16 |
04/01/16 |
2.1.1,2.1.2,2.1.3 |
2.1.5 |
Mendefinisikan kebutuhan sistem |
1 |
04/04/16 |
04/04/16 |
2.1.1,2.1.2,2.1.3 |
2.2 |
Analisis Kebutuhan |
5 |
04/05/16 |
04/11/16 |
|
2.2.1 |
Memilih kebutuhan apa saja yang akan ada pada Sistem Informasi Hotel Selaras Asri |
1 |
04/05/16 |
04/05/16 |
2.1.4,2.1.55 |
2.2.2 |
Mengkonfirmasi ulang kebutuhan yang sudah dianalisis kepada stakeholder |
2 |
04/06/16 |
04/07/16 |
2.2.1 |
2.2.3 |
Membuat dokumen kebutuhan yang berisi segala hasil tahapan penggalian kebutuhan dan kebutuhan final |
2 |
04/08/16 |
04/11/16 |
2.2.1,2.2.2 |
3 |
Pembuatan Prototype |
15 |
04/11/16 |
05/02/16 |
|
3.1 |
Desain Sistem dan Jalannya Sistem |
15 |
04/11/16 |
04/29/16 |
|
3.1.1 |
Membuat prototype sistem informasi Hotel |
15 |
04/12/16 |
05/02/16 |
2.2.3 |
4 |
Evaluasi Prototype Kepada Stakeholder |
2 |
05/03/16 |
05/04/16 |
|
4.1 |
Menunjukkan hasil prototype kepada stakeholder |
1 |
05/03/16 |
05/03/16 |
3.3.1 |
4.2 |
Mencatat hasil evaluasi prototype dari stakeholder |
1 |
05/04/16 |
05/04/16 |
4.1 |
5 |
Implementasi Sistem |
45 |
05/06/16 |
07/12/16 |
|
5.1 |
Implementasi sistem dari hasil prototype yang disetujui stakeholder |
25 |
05/06/16 |
06/09/16 |
4.2 |
5.2 |
Implementasi interface dari hasil prototype yang disetujui stakeholder |
12 |
06/10/16 |
06/27/16 |
4.2, 5.1 |
5.3 |
Penggabungan sistem dan interface |
5 |
06/28/16 |
07/04/16 |
5.1,5.2 |
5.4 |
Uji coba aplikasi oleh developer dan stakeholder |
3 |
07/05/16 |
07/12/16 |
5.3 |
6 |
Konfirmasi Akhir Hasil Implementasi |
9 |
07/13/16 |
07/25/16 |
|
6.1 |
Evaluasi kepada stakeholder |
2 |
07/13/16 |
07/14/16 |
5.4 |
6.2 |
Melakukan perubahan apabila ada kesalahan yang telah disepakati antara developer dan stakeholder sebelumnya |
7 |
07/15/16 |
07/25/16 |
6.1 |
7 |
Testing |
13 |
07/26/16 |
08/11/16 |
|
7.1 |
Pembuatan skenario pengujian |
1 |
07/26/16 |
07/26/16 |
|
7.2 |
Melakukan testing oleh stakeholder sesuai dengan skenario pengujian |
2 |
07/27/16 |
07/28/16 |
7.1 |
7.3 |
Melakukan perbaikan bila terjadi gangguan |
10 |
07/29/16 |
08/11/16 |
7.2 |
8 |
Support |
5 |
08/12/16 |
08/19/16 |
|
8.1 |
Pembuat dokumen SOP (System Operating Procedure) Sistem Informasi yang sudah final |
2 |
08/12/16 |
08/15/16 |
|
8.2 |
Pembuat dokumen SMP (System Maintenance Procedure) Sistem Informasi yang sudah final |
2 |
08/16/16 |
08/18/16 |
|
8.3 |
Pelatihan / sosialisasi tentang penggunaan sistem pada stakeholder |
1 |
08/19/16 |
08/19/16 |
|
MANAJEMEN MUTU PROYEK
Proyek Manajemen Mutu mencakup proses yang diperlukan untuk memastikan bahwa proyek akan memenuhi kebutuhan yang dilakukan. Ini mencakup “semua aktivitas dari fungsi manajemen keseluruhan yang menentukan kebijakan mutu, tujuan, dan tanggung jawab dan menerapkan mereka dengan cara seperti perencanaan mutu, jaminan mutu, pengendalian mutu, dan peningkatan kualitas, dalam sistem mutu”.
Mendefinisikan Kualitas Perangkat Lunak
Kualitas merupakan kata yang meragukan dan dibutuhkan untuk definisi yang secara hati-hati untuk dimaknai. Untuk sistem perangkat lunak apapun, seharusnya ada 3 spesifikasi yaitu
1. Spesifikasi fungsional
Menggambarkan apa yang dikerjakan sistem, merupakan fokus utama metodologi seperti Unified
Software Development Process.
- Spesifikasi kualitas (atribut)
Fokus pada, bagaimana fungsi beroperasi.
- Spesifikasi sumber daya
Fokus pada seberapa banyak yang harus dihabiskan oleh sistem.
Kualitas Perangkat Lunak Model ISO 9126
Kualitas perangkat lunak dapat dinilai melalui ukuran-ukuran dan metode-metode tertentu, serta melalui pengujian-pengujian software. Salah satu tolak ukur kualitas perangkat lunak adalah ISO 9126, yang dibuat oleh International Organization for Standardization (ISO) dan International Electrotechnical Commission (IEC). ISO 9126 mendefinisikan kualitas produk perangkat lunak, model, karakteristik mutu, dan metrik terkait yang digunakan untuk mengevaluasi dan menetapkan kualitas sebuah produk software. Standar ISO 9126 telah dikembangkan dalam usaha untuk mengidentifikasi atribut-atribut kunci kualitas untuk perangkat lunak komputer. Faktor kualitas menurut ISO 9126 meliputi enam karakteristik kualitas sebagai berikut:
Functionality (Fungsionalitas). Kemampuan perangkat lunak untuk menyediakan fungsi sesuai kebutuhan pengguna, ketika digunakan dalam kondisi tertentu.
Reliability (Kehandalan). Kemampuan perangkat lunak untuk mempertahankan tingkat kinerja tertentu, ketika digunakan dalam kondisi tertentu.
Usability (Kebergunaan). Kemampuan perangkat lunak untuk dipahami, dipelajari, digunakan, dan menarik bagi pengguna, ketika digunakan dalam kondisi tertentu.
Efficiency (Efisiensi). Kemampuan perangkat lunak untuk memberikan kinerja yang sesuai dan relatif terhadap jumlah sumber daya yang digunakan pada saat keadaan tersebut.
Maintainability (Pemeliharaan). Kemampuan perangkat lunak untuk dimodifikasi. Modifikasi meliputi koreksi, perbaikan atau adaptasi terhadap perubahan lingkungan, persyaratan, dan spesifikasi fungsional.
Portability (Portabilitas). Kemampuan perangkat lunak untuk ditransfer dari satu lingkungan ke lingkungan lain.
ISO 9126-Functionality
Suitability Kemampuan perangkat lunak untuk menyediakan serangkaian fungsi yang sesuai untuk tugas-tugas tertentu dan tujuan pengguna.
Accuracy Kemampuan perangkat lunak dalam memberikan hasil yang presisi dan benar sesuai dengan kebutuhan.
Security Kemampuan perangkat lunak untuk mencegah akses yang tidak diinginkan, menghadapi penyusup (hacker) maupun otorisasi dalam modifikasi data.
Interoperability Kemampuan perangkat lunak untuk berinteraksi dengan satu atau lebih sistem tertentu.
Compliance Kemampuan perangkat lunak dalam memenuhi standar dan kebutuhan sesuai peraturan yang berlaku.
ISO 9126-Reliability
Maturity Kemampuan perangkat lunak untuk menghindari kegagalan sebagai akibat dari kesalahan dalam perangkat lunak.
Fault tolerance Kemampuan perangkat lunak untuk mempertahankan kinerjanya jika terjadi kesalahan perangkat lunak.
Recoverability Kemampuan perangkat lunak untuk membangun kembali tingkat kinerja ketika terjadi kegagalan sistem, termasuk data dan koneksi jaringan.
ISO 9126-Usability
Understandibility Kemampuan perangkat lunak dalam kemudahan untuk dipahami.
Learnability Kemampuan perangkat lunak dalam kemudahan untuk dipelajari.
Operability Kemampuan perangkat lunak dalam kemudahan untuk dioperasikan.
Attractiveness Kemampuan perangkat lunak dalam menarik pengguna.
ISO 9126-Efficiency
Time behavior Kemampuan perangkat lunak dalam memberikan respon dan waktu pengolahan yang sesuai saat melakukan fungsinya.
Resource behavior Kemampuan perangkat lunak dalam menggunakan sumber daya yang dimilikinya ketika melakukan fungsi yang ditentukan.
ISO 9126-Maintainability
Analyzability Kemampuan perangkat lunak dalam mendiagnosis kekurangan atau penyebab kegagalan.
Changeability Kemampuan perangkat lunak untuk dimodifikasi tertentu.
Stability Kemampuan perangkat lunak untuk meminimalkan efek tak terduga dari modifikasi perangkat lunak.
Testability Kemampuan perangkat lunak untuk dimodifikasi dan divalidasi perangkat lunak lain.
ISO 9126-Portability
Adaptability Kemampuan perangkat lunak untuk diadaptasikan pada lingkungan yang berbeda-beda.
Instalability Kemampuan perangkat lunak untuk diinstal dalam lingkungan yang berbeda-beda.
Coexistence Kemampuan perangkat lunak untuk berdampingan dengan perangkat lunak lainnya dalam satu lingkungan dengan berbagi sumber daya.
Replaceability Kemampuan perangkat lunak untuk digunakan sebagai sebagai pengganti perangkat lunak lainnya.
ISO 9126 adalah standar terhadap kualitas perangkat lunak yang diakui secara internasional. Terpenuhinya item-item pada ISO 9126 pada sebuah perangkat lunak tidak serta merta memberikan sertifikat ISO terhadap perangkat lunak tersebut karena standar ISO juga harus dipenuhi dari sisi manajemen pembuat perangkat lunak tersebut, dengan kata lain jika manajemennya tidak memenuhi standar ISO maka hasil kerjanya pun tidak dapat diberikan sertifikat standar ISO.
Faktor-faktor ISO 9126 tidak serta merta memungkinkan kita untuk melakukan pengukuran kualitas secara langsung. Meskipun demikian, standar tersebut menyediakan basis yang sangat penting untuk melakukan pengukuran-pengukuran kualitas secara tidak langsung dan pada dasarnya menyediakan daftar yang sempurna untuk menilai kualitas suatu sistem/perangkat lunak.
Sumber :
http://nurulauliarachman.blogspot.co.id/2013/10/makalah-managemen-kualitas-suatu-proyek.html
http://matakuliahinformatika.blogspot.co.id/2008/12/manajemen-kualitas-pada-perangkat-lunak_18.html
https://neezasty.wordpress.com/2016/03/03/kualitas-software-model-iso-9126/#more-1083
MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
- Definisi
Manajemen Sumber Daya Manusia dalam proyek adalah proses mengorganisasikan dan mengelola atau menempatkan orang- orang yang terlibat dalam proyek, sehingga orang tersebut dapat dimanfaatkan potensinya secara efektif dan efisien.
Sumber daya manusia dalam sebuah proyek antara lain termasuk sponsor, pelanggan, anggota tim proyek, staf pendukung (jika ada), supplier, dan sebagainya.
- Tahapan
(1) Perencanaan Sumber Daya Manusia Mengidentifikasi dan mendokumentasikan perananan seseorang dalam proyek, tanggung jawabnya dan bagaimana relasi pelaporan orang tersebut dengan orang-orang lain dalam proyek Akuisisi Tim Proyek Usaha untuk mendapatkan sumber daya manusia sesuai kebutuhan untuk menyelesaikan proyek
(2) Membangun Tim Proyek Meningkatkan kompetensi dan interaksi anggota tim proyek, baik secara individual maupu secara berkelompok untuk meningkatkan kinerja proyek Mengelola Tim Proyek Memantau kinerja tim proyek dengan memberikan masukan atau motivasi, solusi ataupun sekedar koordinasi dalam rangka meningkatkan kinerja proyek
Perencanaan SDM Pada tahap ini yang perlu direncanakan antara lain : Tanggung jawab masing-masing tim Kapan dibutuhkan Identifikasi apakah dibutuhkan training utk orang tsb Rencana renumerasi dan reward Cara menilai kinerja seseorang Kriteria bagaimana menghentikan seseorang Perencanaan SDM dapat dikatakan juga sbg proses membuat organizational chart, Staffing Management Plan dan RAM Jangan lupa memperhatikan kembali atribut dari activity list, karena seharusnya disana sudah teridentifikasi berapa banyak tenaga kerja yang dibutuhkan
Roles & Responsibilities Informasi yang terkandung di dalamnya : Peran anggota tim proyek, misalnya programmer, analis, dsb Otoritas tiap anggota tim sesuai perannya Tanggung jawab anggota tim sesuai perannya Kompetensi yang dibutuhkan sesuai peran yang dimaksud
Project Organization Charts Merupakan bagan yang menggambarkan posisi tim proyek dan relasi pertanggungjawaban (berupa laporan,koordinasi atau kerja sama) tugasnya baik secara formal maupun informal.
OBS &RAM Organizatinal Breakdown Structure (OBS) adalah bagan organisasi yang menggambarkan relasi antara unit-unit organisasi yang akan bertanggungjawab/mengerjakan paket- paket kerja tertentu Responsibility Assignment Matrix (RAM) adalah matriks yang memetakan pekerjaan-pekerjaan sesuai WBS pada orang/individu yang akan mengerjakannya sesuai OBS.
Analisis Jabatan
Analisis Jabatan adalah suatu studi yang secara sistematis dan teratur mengumpulkan semua informasi dan fakta yang behubungan dengan suatu jabatan. Analisa jabatan adalah sebuah proses untuk memahami suatu jabatan dan kemudian menyadurnya ke dalam format yang memungkinkan orang lain untuk mengerti tentang jabatan tersebut.
Spesifikasi Pekerjaan
Nama Jabatan : Project Manager
Departemen : Teknologi Informasi
Lokasi : Kantor Cabang Salatiga
Pengawas : Manager
Kode Jabatan : IT-001
Tanggal : 30 Februari 2016
Disetujui Oleh : General Manager Hotel Selaras Asri
Faktor Keahlian :
Pendidikan : Minimal Sarjana Teknik Strata Satu (S1)
Pengalaman : Minimal 3 Tahun
Keahlian : Fasih dalam bidang managerial dan bisa bekerja dalam tim
Nama Jabatan : Sistem Analis
Departemen : Teknologi Informasi
Lokasi : Kantor Cabang Salatiga
Pengawas : Manager
Kode Jabatan : IT-002
Tanggal : 30 Februari 2016
Disetujui Oleh : General Manager Hotel Selaras Asri
Faktor Keahlian :
Pendidikan : Minimal Sarjana Informatika/Ilmu Komputer Strata satu (S1)
Pengalaman : Minimal 2 Tahun
Keahlian : Fasih dalam bidang analisis dan perancangan sistem dan bisa bekerja dalam tim
Nama Jabatan : Programmer
Departemen : Teknologi Informasi
Lokasi : Kantor Cabang Salatiga
Pengawas : Manager
Kode Jabatan : IT-003
Tanggal : 30 Februari 2016
Disetujui Oleh : General Manager Hotel Selaras Asri
Faktor Keahlian :
Pendidikan : Minimal Sarjana Informatika/Ilmu Komputer Strata satu (S1)
Pengalaman : Minimal 2 Tahun
Keahlian : Fasih dalam bidang programming, menguasai setidaknya 2 jenis bahasa pemrograman dan bisa bekerja dalam tim
Nama Jabatan : Trainer
Departemen : Teknologi Informasi
Lokasi : Kantor Cabang Salatiga
Pengawas : Manager
Kode Jabatan : IT-004
Tanggal : 30 Februari 2016
Disetujui Oleh : General Manager Hotel Selaras Asri
Faktor Keahlian :
Pendidikan : Minimal Sarjana Informatika/Ilmu Komputer Strata satu (S1)
Pengalaman : Minimal 2 Tahun
Keahlian : Fasih dalam bidang komunikasi, demonstrasi sistem dan bisa bekerja dalam tim
OBS
WBS
RAM Internal
WBS Element |
Project Team Members |
Project Manager |
System Analis |
Programmer |
Trainer |
|
|
|
|
|
1.1 Konsep |
|
|
|
|
1.1.1 Mendefinisikan Kebutuhan |
R |
R P |
|
|
1.1.2 Analisis Kebutuhan |
|
R P |
|
|
1.2 Pembuatan Prototype |
|
|
R |
P |
1.2.1 Desain Sistem & Jalannya Sistem |
R |
|
P |
|
1.3 Evaluasi Prototype Kepada Stakeholder |
|
|
P |
R |
1.4 Implementasi Sistem |
|
|
R P |
|
1.5 Konfirmasi Akhir Hasil implementasi |
|
|
|
R P |
1.6 Testing |
|
|
|
R P |
1.7 Support |
|
R P |
|
|
R : Responsible organizational unit
P : Performing organizational unit
RAM Eksternal
WBS Element |
Stakeholder |
Petugas Hotel |
Manager Hotel |
Pemilik Hotel |
Tamu Hotel |
1.1 |
Konsep |
|
|
|
|
1.1.1 |
Mendefinisikan Kebutuhan |
P |
P |
A |
|
1.1.2 |
Analisis Kebutuhan |
P |
R |
S |
|
1.2 |
Pembuatan Prototype |
|
|
|
|
1.2.1 |
Desain Sistem dan Jalannya Sistem |
|
|
|
|
1.3 |
Evaluasi Prototype Kepada Stakeholder |
I |
R |
S |
P |
1.4 |
Implementasi Sistem |
|
|
|
|
1.5 |
Konfirmasi Akhir Hasil Implementasi |
I |
R |
S |
P |
1.6 |
Testing |
I |
R |
S |
P |
1.7 |
Support |
P |
P |
A |
P |
P=Participant, A=Accountable, R=Review Required, I=Input Required, S=Sign off Required
MANAJEMEN RISIKO
Identifikasi Risiko Proyek Sistem Informasi Hotel Selaras Asri
No |
Risiko |
Jenis Risiko |
Kategori (check list risiko) |
Usaha yang dilakukan |
1 |
Dokumentasi yang tidak mendetail |
Risiko yang sudah diketahui |
– Risiko yang mempengaruhi bisnis
– Risiko definisi proses |
Melakukan validasi dengan inspeksi. |
2 |
Server tidak kuat menangani banyak pengguna |
Risiko yang dapat diramalkan |
– Risiko ukuran produk
– Risiko lingkungan pengembangan |
Melakukan proses dengan beberapa server replikasi sehingga operasi tidak dilakukan oleh satu server saja. |
3 |
Waktu pengerjaan yang lebih lama dibandingkan dengan rencana pengerjaan |
Risiko yang dapat diramalkan |
– Risiko yang mempengaruhi bisnis |
Memastikan milestone dilaksanakan sesuai dengan jadwalnya, jika tidak maka setiap stakeholder yang terkait harus menerima risiko agar bisa mengembalikan sesuai jadwal, seperti lembur. |
4 |
Desain UI yang kurang user-friendly |
Risiko yang dapat diramalkan |
– Risiko yang dihubungkan dengan karakteristik pelanggan |
Melakukan teknik validasi UI dengan prototyping, bekerja sama dengan pengguna sebagai tester. |
5 |
Server rusak |
Risiko yang tidak diharapkan |
– Risiko teknologi yang akan dibangun |
Back up data dari satu server ke server lain yang merupakan replikasi server utama. |
6 |
Developer sakit pada saat pengerjaan proyek |
Risiko yang tidak diharapkan |
– Risiko lingkungan pengembangan |
Mengatur waktu kerja seefektif mungkin untuk menghindari kerja lembur atau kerja berlebihan |
Struktur Rincian Risiko
Daftar Risiko
No |
Rank |
Risk |
Category |
Root
Cause |
Risk
Owner |
Status |
R5 |
1 |
Server rusak |
Resiko Teknologi |
Server |
Stakeholder |
Aktive |
R1 |
2 |
Dokumentasi yang tidak mendetail |
Struktur/Proses risiko |
Developer |
Developer |
Aktive |
R3 |
3 |
Waktu pengerjaan yang lebih lama dibandingkan dengan rencana pengerjaan |
Struktur/Proses risiko |
Developer |
Developer |
Aktive |
Probabilitas/ Dampak Matriks
|
High |
|
Risk 3 |
|
Probability |
Medium |
|
Risk 2 |
Risk 1 |
|
|
|
Risk 5 |
|
|
Low |
Risk 4 |
Risk 6 |
|
|
|
Low |
Medium |
High |
|
|
|
Impact |
|
Mitigasi
No |
Risk |
Risiko |
Anti-Risk |
1 |
Risk 1 |
Dokumentasi yang tidak mendetail |
· Melakukan penggalian kebutuhan secara maksimal
· Analisis scope lebih diperdalam
· Melakukan pengecekan dokumen secara berkala |
2 |
Risk 2 |
Server tidak kuat menangani banyak pengguna |
· Memperkirakan jumlah pengguna yang akan mengakses
· Melakukan proses dengan beberapa server replikasi sehingga operasi tidak dilakukan oleh satu server saja |
3 |
Risk 3 |
Waktu pengerjaan yang lebih lama dibandingkan dengan rencana pengerjaan |
· Pengecekan milestone secara teratur sesuai dengan timelinenya
· Peningkatan otoritas project manager
· Peningkatan frekuensi pemantauan project
· Pemilihan project manager yang paling berpengalaman
· Meningkatkan komunikasi dan pemahaman project goals
· Peningkatan penanganan masalah dan komunikasi antar |
4 |
Risk 4 |
Desain UI yang kurang user-friendly |
· Melakukan evaluasi secara berkala ke stakeholder
· Sistem Analyst mengecek secara berkala sudahkah sesuai atau mdah digunakan oleh stakeholder |
5 |
Risk 5 |
Server rusak |
· Back up data dari satu server ke server lain yang merupakan replikasi server utama |
6 |
Risk 6 |
Developer sakit pada saat pengerjaan proyek |
· Peningkatan otoritas project manager
· Pengaturan waktu seefektif mungkin |